Kamis, 26 Oktober 2017

Pengertian, Fungsi, Aspek dan Bentuk Bisnis Serta Perkembangan Bisnis informatika di Indonesia


Pengertian Bisnis


 Dalam pemahaman yang sederhana bisnis adalah kegiatan/aktifitas mencari uang dan bisa menguntungkan, ini sesuai dengan kata bisnis diserap dari bahasa Inggris “business” berarti kesibukan, kesibukan yang berorientasi pada profit/ keuntungan. Produsen dan orang-orang yang bergerak dalam kegiatan bisnis berhasil membuat keuntungan dan memperbesar nilai bisnisnya yang makin lama makin meningkat. 

Hughes dan Kapoor mendefinisikan sebagai kegiatan usaha individu yang terorganisasi untuk menghasilkan dan menjual barang dan jasa guna mendapatkan keuntungan dalam memenuhi kebutuhan masyarakat.


Huat, T Chwee sebagaimana dikutip Amirullah mendefinisikan bisnis sebagai suatu sistem yang memproduksi barang dan jasa untuk memuaskan kebutuhan masyarakat kita. Dengan mengambil definisi ini berarti setiap tindakan yang diambil dalam bisnis berakibat pada suatu sistem sosial yang lebih besar. Sistem bisnis berhubungan dengan sistem politik, sistem ekonomi dan sistem hukum.

Sedangkan Bisnis dalam Informatika.

  • Bisnis merupakan suatu organisasi yang meyediakan barang dan jasa yang bertujuan untuk mendapatkan keuntungan. Menurut Griffin dan Ebert.
  • Teknik Informatika adalah suatu seperangkat alat yang membantu kita dalam bekerja dengan informasi dan melakukan tugas - tugas yang berhubungan dengan pemrosesan informasi.
Bisnis dan Teknik Informatika mengandung makna yang berbeda tapi bisa berhubungan. Secara sederhana pengertian bisnis TI itu adalah suatu kegiatan yang dilakukan perorangan atau kelompok yang memiliki nilai atau kemampuan dengan tujuan mendapatkan keuntungan yang dibuat dengan bantuan teknologi informasi seperti internet.

Pada dasarnya Bisnis dalam Informatika dengan Bisnis memiliki kemiripan, yaitu bertujuan untuk mendapatkan keuntungan dengan membuat produk atau melakukan kegiatan bisnis.


Fungsi Bisnis



Fungsi bisnis terdiri dari Fungsi Mikro dan Fungsi Makro.

  • Fungsi mikro bisnis dipandang sebagai kemampuan aktivitas bisnis dalam memberikan kontribusinya kepada pihak-pihak yang berperan secara langsung terhadap proses penciptaan nilai (creation of value).

  • Sedangkan fungsi makro bisnis dapat dipandang sebagai kemampuan aktivitas bisnis dalam memberikan kontribusinya kepada pihak-pihak yang terlibat secara tidak langsung dalam pembentukan dan pengendalian bisnis. Pihak yang dimaksud adalah masyarakat sekitar perusahaan, bangsa dan negara.

Aspek-Aspek Bisnis


- Kegiatan Individu dan Kelompok
Penciptaan Nilai
- Penciptaan Barang dan Jasa
- Keuntungan Melalui Transaksi
- Karakteristik Sistem Bisnis
- Kompleksitas dan Keanekaragaman
- Saling Ketergantungan
- Perubahan dan Inovasi



Bentuk Bisnis

Bentuk bentuk dalam bisnis terdapat empat bagian, yaitu :

1. Perusahaan perseorangan
2. Firma (FA)
3. Commanditaire vannotschap (CV)
4. Perseroan terbatas (PT)
1. Perusahaan perseorangan

Perusahaan perseorangan merupakan kepemilikan tunggal (sole profrietorship) yang dimiliki oleh satu orang, yang disebut dengan entrepreneur.

Kelebihan perusahaan perseorangan


mudah memulainya (planning)
biaya organisasi rendah 
pemilik mempunyai kebebasan dan sangat fleksibel dalam mengelolanya
seluruh laba menjadi miliknya
Kelemahan perusahaan perseorangan
tanggung jawab tidak terbatas
sumber keuangannya terbatas
kesulitan dalam manajemen
kelangsungan usaha kurang terjamin
karer karyawan kurang berkembang.

2. Firma (FA)

Firma merupakan general partnership, artinya persekutuan untuk menjalankan usaha antara dua orang atau lebih dengan nama bersama dengan tanggung jawab tidak terbatas sedangkan laba yang diperoleh dibagikan bersama sama.

Kelebihan firma
Pengelolaan lebih profesional dengan adanya job description.
Top manajemen firma dipilih berdasarkan skill dan kemampuan individu.
Modal relatif besar.
Pembagian laba didasarkan perbandingan modal yang dihasilkan.
Semua level tertinggi manajemen firma bertindak sebagai owner perusahaan yang harus aktif mengelola usaha.

Kelemahan firma
Tanggung jawab tidak terbatas pada modal, termasuk harta pribadi.
Jika salah satu anggota melakukan pelanggaran hukum, semua anggota firma berhak menapatkan akibatnya.
Kerugian satu anggota akan ditanggung bersama.
Hak milik perusahaan tidak dapat dipisahkan dari kekayaan pribadi.
Jika firma di likuidasi, maka harta milik pribadi dapat tersita.
Menimbulkan perbedaan pendapat jika pembagian keuntungan tidak adil.

3. Commanditaire vannotschap (CV)

Cv merupakan suatu bentuk perjanjian kerjasama untuk berusaha bersama antara orang orang yang bersedia memimpin, mengatur perusahaan, dan tanggung jawab penuh dengan kekayaan pribadinya, dengan orang orang yang menyetorkan modalnya dan tidak bersedia memimpin perusahaan, serta tanggung jawab terbatas pada kekayaan yang diikutsertakan dalam perusahaan tersebut.

Keanggotaan dalam CV

Dalam cv terdapat dua macam keanggota, yaitu :
1. Sekutu pimpinan
artinya dia aktiv dalam mengurus perusahaan dan berkuasa terhadap modal yang dia tanamkan.

2. Sekutu terbatas
artinya  dia tidak aktiv dalam perusahaan dan tidak diketahui umum sebagai anggota.

Sekutu sekutu yang lainnya dalam CV

Dalam keanggotaan cv terdapat bagian bagian lainnya selai dua anggota diatas, yaitu :
1. Sekutu diam
Sekutu diam artinya dia tidak ikut aktiv dalam kegiatan perusahaan, tetapi mereka diketahui bahwa termasuk anggota CV.
2. Sekutu rahasia
Sekutu rahasia artinya mereka aktiv dalam perusahaan tetapi mereka tidak diketahui bahwa mereka termasuk anggota CV
3. Sekutu dormant
Sekutu dormant artinya seseorang yang tidak aktiv perannya didalam perusahaan dan tidak diketahi oleh umum sebagai anggota.
4. Sekutu nominal
Sekutu nominal artinya yang sebenarnya dia bukan pemilik perusahaan, tetapi dia selalu memberikan saran, kepada orang lain dengan kata kata atau tindakan seperti partner.
5. Sekutu senior dan junior
Skutu ini artinya termasuk keanggotaan, biasanya didasarkan pada modal dan tindakan yang dilakukan didalam perusahaan maupun diluar perusahaan.

Kelebihan CV
modal yang dikumpulkan lebih besar
mudah memperoleh kredit
kemampuan manajemen lebih baik
pendirian  atau pembentukannya lebih mudah
Kelemehan CV
sebagai anggota mempunyai tanggung jawab tidak terbatas
kelangsungan hidup perusahaan kurang baik
sulit untuk menarik kembali modal yang ditanamkan terutama, bagi sekutu pimpinan.

4. Perseroan terbatas (PT)

Dalam PT terdapat dua bagian saham, yaitu :
1. Saham biasa
Biasanya hanya dimiliki oleh komisaris
2. Saham istimewa
Biasanya hanya dimiliki oleh boartd of director

Tugas dan kewajiban dari dewan direktur secara umum
mengurus harta kekayaan perusahaan
mengemudikan usaha usaha perseroan
mewakili perseroan didalam dan diluar pengadilan.

Persyaratan menjadi PT (TBK)


Perusahaan merupakan badan hukum yang sah dan telah mentaati peraturan pemerintah selama ini, termasuk mempunyai izin usaha, izin domisili, membayar pajak, dan telah lulus untuk standar perizinan badan hukum.
Perusahaan telah mempunyai rating untuk usaha tertentu atau cukup besar yang menyangkut perputaran uang lebih dari ratusan milyar. 
Perusahaan memiliki standar kinerja yang baik berdasarkan bukti nyata yang diperlihatkan dalam bentuk berbagai materi.
Perusahaan memiliki tingkat profit atau laba yang tidak menurun atau rugi.
Perusahaan sudah di sidak dalam keadaan standar SNI dan dinyatakan sehat oleh auditor publik.
Perusahaan tidak memiliki catatan hitam di badan hukum yang menyangkut dalam pengelolaan sumber daya manusia.
Perusahaan membayar pajak dengan rutin,
Memiliki catatan kebaikan dan penemuan penemuan baru yang cemerlang.
Memiliki orang yang menjamin terhadap perusahaan yang akan go public (BPPM).

Perlu diperhatikan, meski perusahaan sudah go public tapi ada baiknya memperhatikan tingkat daya jual saham, jangan sampai ketika perusahaan sudah go public tetapi malah tingkat daya jual sahamnya mengalami penurunan, yang nantinya malah perusahaan akan merugi.

Perkembangan Bisnis Informatika di Indonesia


Perkembangan bisnis TI di Indonesia cukup drastis, hal ini didukung dengan naiknya kebutuhan pada teknologi informasi, yang mana pada sekarang ini hampir semua kegiatan dan pekerjaan kita menggunakan beberapa hal dari dunia teknologi informasi.

Perkembangan ini dapat dilihat dari berbagai aspek, seperti dalam dunia bisnis. Bisnis dalam bidang informatika ini memiliki peluang yang cukup baik dan cukup menjanjikan. Karena itulah banyak orang yang mencoba untuk menggeluti bidang ini, seperti bisnis hardware, software dan penyedia layanan konsultasi dan bisnis jual-beli online.

Sekarang ini banyak perusahaan- perusahaan yang melakukan bisnis online, seperti penjualan sepatu dan baju (toko online), mainan, bahkan makanan juga bisa dipesan secara online. Hal ini terjadi karena internet seperti yang kita ketahui dapat menembus batas ruang dan waktu.

Oleh karena itu, kualitas sumber daya dan fasilitas dalam bidang TIK harus selalu di tingkatkan untuk mendukung kegiatan bisnis yang semakin maju dan mungkin akan semakin bertambah peminatnya. Dan kita harus memperbesar porsi lokal dalam dunia bisnis teknologi informatika di Indonesia.

Perkembangan teknologi informasi dan komputer menyebabkan perubahan kultur kita sehari-hari yang disebut dengan “information age”. Media elektronik menjadi salah satu media andalan untuk melakukan komunikasi dan bisnis. Meskipun penggunaan media elektronik ini belum dimengerti, akan tetapi desakan bisnis menyebabkan para pelaku bisnis mau tidak mau harus menggunakan media elektronik ini.

Seperti yang kita tahu permasalahan di dunia ini adalah “ruang dan waktu” oleh karena itu penerapan teknologi informatika sangat dibutuhkan, maka dibutuhkan sebuah penerapan teknologi ini untuk memecahkan masalah. Karena banyaknya permintaan dalam teknologi informasi dan komputer di Indonesia dalam segala bidang maka munculah perusahaan-perusahaan yang bergelut dalam bisnis informatika ini. Seperti contohnya adalah penyedia layanan internet, software house, hosting, dll.

Perkembangan bisnis TI di Indonesia belakangan ini terjadi peningkatan yang sangat pesat mengingat kebutuhan akan dalam bidang ini sangatlah besar dari tahun ke tahun. Ini menjadikan bisnis informatika menjadi salah satu bisnis yang mempunyai potensi yang cerah untuk kedepannya. Hal ini juga harus didukung oleh sumber daya yang berkualitas, melihat kualitas teknologi informasi dan komputer yang dituntut semakin baik setiap saatnya.

Saat ini dunia TI mengalami banyak perkembangan terutama dalam bidang bisnis. Pada lingkungan bisnis, kehadiran teknologi informasi mulai disadari dapat menghadirkan berbagai solusi yang dapat membantu proses bisnis yang ada dan mengoptimalkan efesiensi bisnis berbasis teknologi informasi. 

Perkembangan teknologi informasi telah berkembang luar biasa hebatnya baik dari sisi perangkat keras, perangkat lunak, atau sumber daya manusia yang mendayagunakannya.

Sekarang TI banyak membantu kebutuhan seseorang dan sudah banyak orang yang terbiasa dengan komputer, bahkan dengan internet. Dunia bisnis tentunya banyak mengalami persaingan, sehingga membutuhkan semua informasi yang aktual, cepat dan dapat dipercaya. Semua itu menggunakan Teknologi Informasi dan Komunikasi. Pergerakan bisnis yang semakin cepat menuntut komunikasi (suara, data dan informasi) yang lebih lebih cepat guna mempertahankan pelanggan, pemasok, bahkan dalam menghadapi persaingan.

Salah satu media yang digunakan dalam mengembangkan bisnis di dunia Informatika adalah internet. Internet adalah jaringan komputer tanpa mengenal batas jarak dan waktu yang didalamnya terdapat berbagai sumber daya informasi dari mulai yang statis hingga dinamis dan interaktif. 

Maka dari itu banyak orang bahkan perusahaan memanfaatkan internet sebagai ladang bisnis, mulai dari menjual jasa, penjualan dan pembelian produk bahkan pemasaran suatu produk perusahaan.

Dunia bisnis dibidang TI akan berkembang pesat dan mengalami kemajuan dengan adanya media informasi dan perangkat teknologi yang makin canggihDari dunia Maya atau internet inilah lahir sebuah sosial media. 

internet dan sosial media bisa menjadi alat bagi perusahaan untuk mengenal pasar dan konsumennya. sekarang iklan standar yang ada di televisi , majalah, atau radio tidak lagi menjadi referensi utama bagi orang – orang yang ingin membeli sebuah produk. 
sosial media seperti ( facebook, twitter , dll ) justru menjadi alat promosi yang lebih efektif untuk melakukan promosi. 

kita ambil contoh blog dan website jejaring social. kedua layanan ini bisa mempengaruhi penilaian masyarakat terhadap sebuah produk. sebelum membeli laptop misalnya, kita bisa googling dulu untuk mencari link – link yang berisi review – review terhadapa produk laptop yang akan kita beli tersebut. sosial media efektif sebagai ajak untuk beriklan. selain mampu menjangkau banyak audiens, iklan social media jauh lebih diingat dan menimbulkan rasa penasaran banyak orang.

Lima model bisnis TIKSemua perusahaan yang bergerak di bidang TIK (Teknologi Informasi dan Komunikasi) mengandalkan HAKI (Hak Atas Kekayaan Intelektual) di dalam menjual produk dan jasanya. 

Namun penggunaan HAKI tergantung pada jenis model bisnisnya.Pada umumnya sekarang ini dikenal ada 5 model bisnis TIK yang paling menonjol dalam pemanfaatan HAKI, dan di bawah ini beberapa contonya dari perusahaan anak bangsa Indonesia (huruf miring) dan juga perusahaan asing :

1. Lisensi produk software (contohnya perusahaan pembuat perangkat lunak seperti Andal Software, Dycode, Oracle, dsb)2. Iklan (contohnya Detik.com, Google, dsb)3. Software sebagai layanan (contohnya Infisys Pushmail, Salesforce.com, dsb)4. Penjualan perangkat keras (contohnya Zyrex, Axioo, Apple, dsb)5. Penjual jasa konsultasi, integrasi, perawatan, training dsb (contohnya Inixindo, Sigma, Redhat, dsb)

Perkembangan dan kemajuan bisnis informatika di negara kita sudah sangat pesat sekali dan sangat menggiurkan. bisnis ini akan tiada matinya karena dunia IT setiap detik berkembang, oleh karna itu bisnis ini tidak mungkin ada matinya. contohnya saja seperti warnet yang bagaikan rumput liar dimana saja ada.

 Ini dikarenakannya masyarakat makin membutuhkan informasi. selain warnet yaitu toko hardware yang menyediakan segala kebutuhan di bidang IT, kita sudah tidak kesusahan lagi untuk mencari toko komputer. selain itu masyarakat yang mempunya dana yang lebih mereka ada yang membuat perusahaan IT Konsultan yang akan sedia selalu membantu kantor, perusahaan dan masyarakat yang sedang membutuhkan bantuan di bidang IT.

Dalam kehidupan kita dimasa mendatang, sektor teknologi informasi dan telekomunikasi merupakan sektor yang paling dominan. Siapa saja yang menguasai teknologi ini, maka dia akan menjadi pemimpin dalam dunianya. 

Teknologi informasi banyak berperan dalam bidang-bidang antara lain :

Bidang pendidikan(e-education) Kecenderungan dunia pendidikan di Indonesia di masa mendatang adalah:

Berkembangnya pendidikan terbuka dengan modus belajar jarak jauh (Distance Learning). Kemudahan untuk menyelenggarakan pendidikan terbuka dan jarak jauh perlu dimasukan sebagai strategi utama.

Sharing resource bersama antar lembaga pendidikan / latihan dalam sebuah jaringan.

Perpustakaan & instrumen pendidikan lainnya (guru, laboratorium) berubah fungsi menjadi sumber informasi daripada sekedar rak buku.

 Penggunaan perangkat teknologi informasi interaktif, seperti CD-ROM Multimedia, dalam pendidikan secara bertahap menggantikan TV dan Video.

Bidang Pemerintahan (e-government) Bisa merupakan suatu proses transaksi bisnis antara publik dengan pemerintah melalui sistem otomasi dan jaringan internet, lebih umum lagi dikenal sebagai world wide web. 
Pada intinya e-government adalah penggunaan teknologi informasi yang dapat meningkatkan hubungan antara pemerintah dan pihak-pihak lain.

Bidang Keuangan dan Perbankan Saat ini telah banyak para pelaku ekonomi, khususnya di kota-kota besar yang tidak lagi menggunakan uang tunai dalam transaksi pembayarannya, tetapi telah memanfaatkan layanan perbankan modern.
Layanan perbankan modern yang hanya ada di kota-kota besar ini dapat dimaklumi karena pertumbuhan ekonomi saat ini yang masih terpusat di kota-kota besar saja, yang menyebabkan perputaran uang juga terpusat di kota-kota besar. Sehingga sektor perbankan pun agak lamban dalam ekspansinya ke daerah-daerah. Hal ini sedikit banyak disebabkan oleh kondisi infrastruktur saat ini selain aspek geografis Indonesia yang unik dan luas.

Untuk menunjang keberhasilan operasional sebuah lembaga keuangan/perbankan seperti bank, sudah pasti diperlukan sistem informasi yang handal yang dapat diakses dengan mudah oleh nasabahnya, yang pada akhirnya akan bergantung pada teknologi informasi online, sebagai contoh, seorang nasabah dapat menarik uang dimanapun dia berada selama masih ada layanan ATM dari bank tersebut, atau seorang nasabah dapat mengecek saldo dan mentransfer uang tersebut ke rekening yang lain hanya dalam hitungan menit saja, semua transaksi dapat dilakukan.

Dapat kita ambil kesimpulan bahwa sanya zaman sekarang dewasa ini berbisnis dapat dilakukan melalui udara bahwakan penjualan saham pun dilakukan via udara. Saham Bank telah meningkat 10% sejak awal bulan seiring yield benchmark telah naik signifikan untuk membuat pinjaman dan perdagangan yang lebih menguntungkan. Sekarang ini banyak perusahaan- perusahaan yang melakukan bisnis online, seperti penjualan sepatu dan baju (toko online), mainan, bahkan makanan juga bisa dipesan secara online. Hal ini terjadi karena internet seperti yang kita ketahui dapat menembus batas ruang dan waktu.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar